Otak kita : sebuah pengantar

OTAK KITA

Manusia dianugerahi oleh Allah Azza wa Jalla dengan akal atau “otak”yang sempurna. Dengan otak yang dimilikinya, manusia dapat berpikir sehingga membedakannya dengan makhluk lainnya. Di otak terletak fungsi-fungsi luhur lainnya, seperti belajar (learning), ingatan (memory), bahasa, asosiasi, penalaran, kecerdasan, inisiatif, kesadaran dan lain-lainnya.

Otak manusia mempunyai struktur yang kompleks dan rumit bila dibandingkan dengan organ tubuh lainnya. Otak merupakan pusat pengatur dan integrasi berbagai fungsi tubuh kita.

Secara garis besar otak manusia mempunyai berat ± 1400 gram atau kira-kira 2% berat badan manusia. Otak terdiri dari sel neuron yang jumlahnya ± 100 milyar sel dan ± 1 triliun sel penyokong (neuroglia). (Sebagai gambaran tubuh kita terdiri dari 100 triliun sel; jangan ditanyakan bagaimana cara dan siapa yang menghitungnya, he he).

Neuron bekerja dengan mengirim informasi ke neuron dan sel lainnya melalui sinapsis (hubungan antara satu neuron dengan neuron lainnya atau sel lain). Tiap sel neuron dapat membentuk sinapsis dengan ribuan neuron lainnya, sehingga di otak kita diperkirakan ada 100 triliun sinaps (kalau kita menghitungnya 1 sinaps per detik maka diperlukan waktu ± 30.000 tahun).

Demikian, sekilas gambaran mengenai otak kita. Walaupun otak kita kecil (bila dibandingkan dengan tubuh kita), tetapi otak menentukan kerja fungsi tubuh kita dan menentukan siapa diri kita. Oleh karena itu kita seharusnya senantiasa bersyukur karena dianugerahi otak yang sehat..(coba anda lihat orang yang mengalami gangguan fungsi otak mulai dari depresi, schizophrenia, Alzheimer, Parkinson dan lain sebagainya). Cara kita bersyukur adalah dengan menjaga kesehatan otak kita dan menggunakan otak kita untuk hal-hal yang sehat/bermanfaat dan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan yang membuat otak kita, yaitu Allah Azza wa Jalla.

Solo, 28 Juli 2010…baru belajar menulis di blog..